Logo PHDI Pusat
A. Dharma Duta Widyalaya Online Print E-mail

Om Sarva Asa Mama Mitram Bhawantu
Oleh Ida Bagus Made Jaya Martha, Ir., MM, CMPM


Latar Belakang

Pelajaran Agama merupakan materi wajib di setiap jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA bahkan sampai Perguruan Tinggi. Adanya kenyataan bahwa tempat tinggal keluarga Hindu saat ini, telah tersebar ke seluruh Nusantara. Setiap keluarga, sangat besar kemungkinan memiliki satu atau lebih anak yang sedang dalam masa pendidikan. Masalah sering timbul terkait dengan nilai Agama Hindu, yang harus dicantumkan dalam laporan kemajuan belajar siswa (rapot).

Fakta lain yang ada adalah, kurangnya guru-guru agama yang memiliki. persyaratan yang cukup, untuk melayani kebutuhan para pengelola lembaga pendidikan, yang memiliki siswa/mahasiswa beragama Hindu. Belum lagi masalah inefisiensi biaya, akibat rendahnya rata-rata jumlah siswa Hindu dalam setiap angkatan, terutama yang diluar Bali, sehingga kelas tidak efisien terkait dengan biaya penyelenggaraan pelajaran tersebut.

Upaya-upaya mendirikan pasraman agama Hindu bagi setiap jenjang pendidikan telah dilakukan secara intensif. Namun tetap saja pertumbuhan pasraman ini, kalah cepat dibanding penyebaran umat Hindu ke seluruh Indonesia.

Image


Selain untuk siswa sekolah, materi pelajaran agama Hindu yang sistematis, sangat jarang tersedia di toko buku. Bagi para orang tua, yang mau tak mau, harus menjawab berbagai pertanyaan tentang praktek keagamaan, terkadang tidak menemukan sumber belajar yang tepat dan sistematis, sesuai dengan tingkat kedewasaan putra/putrinya.

Untuk mencoba memberi alternatif solusi terhadap permasalahan di atas, dan dengan asumsi bahwa Teknologi Informasi terutama infrastruktur internet, cepat atau lambat, akan dapat menjangkau seluruh kabupaten di Indonesia, maka Kelompok Kerja Bidang Teknologi Informasi, membangun sebuah Online Learning Management System yang kami sebut Dharma Duta Vidyalaya Online.

Vidya artinya pengetahuan dan laya salah satu artinya adalah rumah atau tempat tinggal. Sedangkan Dharma Duta yang dimaksud adalah utusan untuk menyampaikan Dharma. Sehingga Dharma Duta Widyalaya Online (selanjutnya disebut Widyalaya Online) dapat diartikan sebagai sebuah sistem online yang menyimpan pengetahuan tentang budaya dan agama Hindu, yang tersusun secara sistematis dan dikelompokkan berdasarkan jenjang pendidikan formal, sehingga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

 
Next >
"));