Logo PHDI Pusat
APAKAH MEDITASI ? Print E-mail

Meditasi
Apakah Meditasi ?
Oleh : Frank Gaetano Morales

Proses meditasi ditemukan, dalam satu atau lain bentuk, di dalam semua tradisi agama-agama besar dunia. Seluruh jalan spiritual otentik setuju bahwa jalan untuk mencapai kebahagiaan Sejati dan abadi adalah datang kepada satu pengetahuan mendalam dan substansial tentang diri sendiri dan tempat kita di dunia, Satu-satunya jalan untuk mengetahui diri kita yang terdalam adalah dengan cara sains meditasi. Sebagai tradisi spiritual yang paling kuno dan paling sistematis yang dikenal oleh kemanusiaan, proses meditasi ditemukan dalam bentuknya yang paling penuh di dalam Yoga tradisi Dharma.

Sejarah
Selama sejarah keberadaan manusia, telah ada orang-orang yang melakukan apa yang hanya manusia dapat melakukannya dengan paling baik:
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan filosofis. Seperti al:
• Siapa dan apa aku sesungguhnya?
• Apa arti terdalam dan hidup?
• Apakah dunia yang kulihat di sekitarku, dan yang kuanggap demikian nyata, adalah satu-
   satunya realitas ?    
• Atau apakah ada sesuatu yang lebih besar secara tak terbatas?

Tak dapat dihindarkan, dalam upaya membantu menemukan jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang sejenis, manusia sepanjang jaman, dan di dalam banyak tradisi spiritual, telah berpaling kepada proses meditasi. Meditasi, bagaimanapun, bukan hanya untuk segelintir khusus pencari yang berdedikasi mengungkapkan rahasia-rahasia hidup yang paling dalam. Meditasi mempunyai banyak hal untuk ditawarkan kepada setiap orang. Mungkin juga untuk anda!

Manfaat
Ada banyak manfaat mengagumkan yang dapat anda alami dengan mempraktikan - meditasi secara regular. Ini meliputi ketenangan hari dan kedamaian pikiran; pengurangan stres dan kecemasan; pengendalian lebih besar atas pikiran dan aktivitas-aktivitas anda; inteligensi yang lebih cerdas dan konsentrasi yang lebih terpusat; menjadi semakin terpusat dan seimbang; menemukan siapa anda sesungguhnya di dalam (diri sejati); rasa persatuan yang lebih dalam dengan Tuhan; kegembiraan dan kebahagiaan.

Bagaimana cara Meditasi
Untuk mempraktikan meditasi, pertama-tama anda harus menemukan satu tempat yang sepi dan bersih untuk duduk. Lingkungan semacam itu membantu menenangkan pikiran. Sekali sudah di sana, duduklah dalam posisi yang nyaman, namun waspada. Punggung tegak, tapi tidak kaku. Jangan bungkuk atau bersandar, karena itu mungkin membuat anda tidur dan tujuan meditasi bukanlah untuk tidur, tapi sebaliknya untuk bangun sesadar-sadarnya!

Ketika anda duduk dalam posisi yang nyaman, cobalah membuang semua pikiran-pikiran negatif dan rasa cemas yang mungkin mengganggu anda setiap saat. Ijinkan pikiran anda tenang dan terkendali beberapa saat. Beritahu diri anda bahwa anda dapat kembali ke hal-hal lain belakangan. Dengarkan dengan santai, namun tajam dan waspada, penuh perhatian terhadap irama nafas anda. Rasakan, dan bahkan dengarkan, udara pemberi kehidupan ketika ia masuk dan keluar dari jantung anda. Pusatkan perhatian anda kepada suara dan perasaan kepada nafas anda. Dengan setiap nafas keluar, biarkan stres dan kecemasan yang tersembunyi di dalam tubuh dan pikiran anda lepas bebas. Ijinkan rasa takut dan keraguan anda pergi. Dengan setiap nafas masuk, bayangkan alam yang tenang dan penuh cinta memasuki jantung anda, dan ke dalam sang diri anda sendiri. Bila pikiran anda berkelana sementara — dan biasanya memang demikian! — lalu secara halus dan sabar bawa ia kembali kepada tugasnya untuk hanya memperhatikan nafas.

Cobalah ini sekitar 10 menit sebagai satu persiapan bagi meditasi-mantra, secara perlahan-lahan tingkatkan waktunya selama beberapa minggu berikutnya. Setelah anda dapat menenangkan pikiran dengan konsentrasi nafas, sekarang anda dapat maju kepada aspek yang lebih spiritual dan meditasi dengan menggunakan satu mantra.

Meditasi Mantra
Ada berbagai macam teknik meditasi. Dan berbagai bentuk itu, yang paling populer, efektif dan mudah dikenal sebagai “Meditasi Mantra.” Jenis meditasi ini menggunakan satu mantra, atau satu vibrasi suara transendental, untuk mencapai tujuannya. Kata “mantra” berasal dari bahasa “Sanskerta kuno dan dibentuk dari dua suku kata: “Man” artinya “manas/benak,” dan “tra” artinya “membebaskan.” Satu mantra karena itu adalah satu frequensi suara suci yang membebaskan pikiran dari kecemasan dan ilusi.

Mantra
Mantra-mantra yang paling kuat yang dapat digunakan dikenal Sebagai Tiru-mantra: “Om Namo Narayanaya” yang secara literal berarti: “Aku menyampaikan hormat kepada Yang Mutlak, Sang Pemelihara seluruh mahluk.” Ini dikatakan dalam shastra Veda (Narayana- Upanishad) bahwa bila kita mengucapkan mantra inu secara sungguh-sungguh dan dengan rasa bhakti, kita akan mendapat kedamaian, pemenuhan dan realisasi-diri. Lebih lagi, kita juga akan mencapai kesadaran Tuhan, kesadaran yang jelas akan karunia Tuhan bagi hidup kita.

Segera setelah melakukan latihan konsentrasi nafas seperti dijelaskan di atas, duduk dalam posisi sama, dengan mata tertutup, mulai ulangi mantra, Om Namo Narayanaya, lebih keras dan dengan penuh bhakti. Fokuskan seluruh energi perhatian anda atas suara dan vibrasi dan mantra itu, mendengarkan mantra, dan bahkan merasakan vibrasi-vibrasi yang melembutkan dari mantra itu di dalam dada sekitar jantung anda.

Satu sesi meditasi yang baik berlangsung sekitar 20 - 30 menit per hari. Dijelaskan dalam shastra Yoga kuno India, dan oleh para guru besar Yoga sepanjang sejarah, bahwa bila seseorang membuat latihan meditasi harian sebagai kebiasaan, dan melakukan meditasi dengan sungguh-sungguh, rendah-hati, sabar dan bhakti, maka ia akan memperoleh kedamaian, kepenuhan, kebijaksanaan dan realisasi langsung dari kehadiran Tuhan di dalam hidupnya.

Dengan praktik meditasi harian, anda secara perlahan-lahan akan melihat stres dan kecemasan anda mulai berkurang. Anda juga akan mulai mengalami satu kedamaian batin yang dalam yang akan tampak sangat familiar dan menyenangkan. Ini karena anda akan memasuki sumur terdalam dari kedamaian batin yang merupakan sifat dari sang diri sejati (jiwa) anda. Satu-satunya jalan untuk mengalami kebahagiaan meditasi ini adalah dengan mencobanya. Jadi masuklah secara mendalam ke dalam realitas dan kedamaian batin anda. Meditasilah!

Bimbingan Spiritual
Sebagaimana halnya selalu benar dengan setiap jalan dan pengembangan diri yang serius, adalah sama pentingnya untuk mempunyai seorang pembimbing yang berpengalaman dan terpercaya di dalam mencapai realisasi-diri. Di dalam tradisi Yoga, pembimbing semacam itu disediakan oleh guru, guru spiritual. (Diterjemahkan oleh Sang Ayu Putu Renny)

Tentang penulis
Sri Dharma Pravartaka Acharya (Dr. Frank Morales, Ph.D.) adalah Presiden-Pendiri dari International Sanatana Dharma Society (satu gerakan berskala dunia yang dinamis dedikasikan untuk pengajaran spiritualitas Dharma) dan Resident Acharya Mandir Hindu di Omaha, Nebraska. *Media Hindu edisi 59 – januari 2009.

 

 

 

 
< Prev   Next >
"));