Logo PHDI Pusat
Soal Pembayaran Tunjangan Profesi Guru Agama Kakanwil Depag Bali: Masih Tunggu Surat Edaran Print E-mail

Kamis, 29 Januari 2009 | Bali Post
Soal Pembayaran Tunjangan Profesi Guru Agama
Kakanwil Depag Bali: Masih Tunggu Surat Edaran

Denpasar (Bali Post) -
Anggaran untuk pembayaran tunjuangan profesi guru (TPG) agama sesungguhnya telah diposkan lewat DIPA Kanwil Depag tahun anggaran 2008. Hanya, sistem pencairannya masih menunggu surat edaran Dirjen Pembendaharan Negara.

Kakanwil Depag Bali Drs. IGAK Suthayasa, M.Si. didampingi Kasubag Hukmas Kanwil Depag Bali I Nyoman Arya, S.Ag. mengatakan hal itu, Rabu (28/1) kemarin.

'Kami sedang berupaya agar permasalahan ini bisa segera diselesaikan, dengan menyurati Dirjen Pembendaharaan Negara dan meminta bantuan DPRD Bali untuk bersama-sama menyelesaikan hal ini. Mudah-mudahan surat edaran itu segera turun, sehingga pembayaran tunjangan profesi guru agama bisa dilakukan segera,' katanya sembari menyebut bukan Bali saja mengalami hambatan seperti ini, tetapi seluruh Indonesia belum menerima tunjangan profesi guru agama.

Suthayasa menambahkan, anggota DPRD Bali sempat berkunjung ke Kanwil Depag Bali menanyakan tentang pembayaran tunjangan profesi guru agama yang sudah lulus sertifikasi. Terkait dengan itu pihaknya sudah responsif menyampaikan informasi bahwa Kanwil Depag telah mengambil langkah kongkret dalam mengantisipasi fenomena yang berkembang untuk mencari letak hambatan sekaligus mencari solusi yang terbaik dengan memerintahkan Kasubag Perencanan dan Kasubah Hukmas untuk menggali informasi ke KPKN Denpasar. Informasi yang didapat dari KPKN ternyata apa yang menjadi pertanyaan rekan-rekan guru agama. Kenapa tunjangan profesi guru umum melalui Depdiknas telah bisa dibayarkan, sedangkan guru agama Hindu belum.

Hal ini sebenarnya hanya pada teknis/sistem pembayaran. Sistem pembayaran tunjangan profesi guru umum melalui Depdiknas, mata anggarannya berupa bantuan sosial --pertanggungjawabannya lewat satker masing-masing. Sedangkan tunjangan profesi guru agama berdasarkan DIPA Kanwil Agama Provinsi Bali melalui belanja pegawai, sehingga harus ada surat edaran Dirjen Perbendaharaan Negara. Walaupun anggarannya memang sama-sama dari APBN, tetapi posnya berbeda. (08/*)

 
< Prev   Next >
"));