Logo PHDI Pusat
Banjar Hitakarma Bekasi Print E-mail

Image
Pembangunan Pesraman

Banjar Hitakarma adalah sebuah organisasi sosial yang mewadahi komunitas Hindu di wilayah Pondok Gede dan sekitarnya yang didirikan pada tahun 1983. Anggota berjumlah lebih dari 200 kepala keluarga, tersebar di enam sub banjar yakni Lubang buaya, Jatiwaringin, Jatiasih, Kologad, Chandra serta Kranggan permai.

Image

Beberapa tugas pokok Banjar Hitakarma adalah pertama, memelihara hubungan sosial antar anggota, baik suka maupun duka. Kedua mengempon (memelihara dan memfungsikan) Pura Penataran Agung Kertha Bumi di kompleks Taman Mini Indonesia Indah yang dilimpahkan tanggung jawabnya oleh Parisada dan Banjar Sukaduka DKI Jakarta pada tahun 1992. Ketiga, menyelenggarakan pendidikan Agama Hindu untuk tingkat dasar dan menengah. Umumnya, komunitas Hindu di luar Bali dalam menyelenggarakan pendidikan agama bagi anak-anak sejak tingkat dasar hingga menengah, bahkan perguruan tinggi biasanya di balai pertemuan (balai banjar) yang berada dalam lingkungan pura terdekat. Namun Banjar Hitakarma tidak memungkinkan membuat balai pertemuan di Pura TMII. Hal ini disebabkan oleh hak otoritas berada sepenuhnya di bawah pengelolaan manajemen TMII. Di lain pihak, kebutuhan akan lembaga pendidikan agama Hindu bagi anak-anak dirasakan sudah sangat mendesak. Sebab tidak semua sekolah memberikan pendidikan agama Hindu di sekolah masing-masing, kendati aturannya demikian.

Image

Sebagai komunitas yang berbentuk banjar di luar Bali, maka ada keterbatasan masalah legal formal dalam hal kepemilikan dan pengelolaan aset. Berkaitan dengan tugas yang ketiga itu, maka Banjar Hitakarma berkewajiban untuk mewujudkan sebuah yayasan, yaitu Yayasan Banjar Hitakarma. Yayasan inilah yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas-tugas tersebut di atas. Maka pembangunan ”Balai Pesraman Purna Lingga / Balai Serba Guna” menjadi prioritas utama dari yayasan ini.

Yayasan Banjar Hitakarma

Yayasan ini didirikan dan disahkan di Pura Penataran Agung Kertha Bumi Taman Mini Indonesia Indah di depan notaris Drs. I Gede Purwaka SH pada tanggal 11 April 2005. Ketua Umum terpilih adalah I Gusti Ngurah Sudana, SE.

Proyek "Balai Pesraman Purna Lingga"

ImageUntuk mengimplementasi visi, misi dan tugas tadi, yayasan telah memiliki sebidang tanah dengan luas sekitar 450 M2 di Jl. Nyimin RT/RW 02/04 Kelurahan Jati Melati Kecamatan Pondok Melati Kodya Bekasi. Di sana akan dibangun "Balai Pesraman Purna Lingga / Balai Serba Guna", berfungsi sebagai tempat belajar mengajar tentang budaya dan agama, terutama bagi anak-anak dari tingkat dasar hingga menengah. Tempat ini juga boleh dipergunakan oleh masyarakat sekitarnya untuk berbagai kegiatan kemasyarakatan.

Menurut rencana, balai tersebut di atas terdiiri dari dua lantai. Lantai bawah dibuat ruangan tanpa sekat sehingga memungkinkan menampung banyak orang, termasuk juga fasilitas umum seperti dapur dan kamar kecil. Namun bila diperlukan untuk kegiatan belajar mengajar agama dan pengembangan budaya ruangan ini dapat disekat secara tidak permanen.

Sedangkan lantai dua dibuat beberapa ruang untuk belajar mengajar dan kaontor administrasi termasuk ruangan pengajar. Total luas bangunan direncanakan 328 M2 dengan biaya sekitar Rp. 562.668.440.

Dana Punia

Gotong royong untuk mewujudkan tujuan bersama yaitu ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembangunan asrama. Partisipasi anda kami tunggu, dan jika ada yang memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi pengurus :

Yayasan Banjar Hitakarma
Jl. Pendawa 32 Jati Permai I
Jati Rahayu Pondok Gede, Bekasi 17414
Telpon : 021-8464766
HP : 0816838349

Rekening Giro : 1290005379678
Bank Mandiri Cabang Pondok Gede atas nama Yayasan Banjar Hitakarma

 

 

 
< Prev
"));