Logo PHDI Pusat
Wisata Spiritual di India dan Bangkok Print E-mail
Article Index
Wisata Spiritual di India dan Bangkok
Page 2
Page 3
Page 4
Page 5
 

Wisata Spiritual di India dan Bangkok

Menjaga Kesucian Sungai Gangga

Bagi yang belum pernah menginjakan kaki di tanah India, pasti terbius oleh indahnya belahan bumi ini. Semua serba semarak seperti yang ditampilkan di film-film Bolywood. Jika kita menelusuri bagian kota hingga ke desa di India, bayangan itu sebagian besar akan sirna. Makanya banyak orang mengatakan India hanya enak dibicarakan. Namun dari wisata spiritual, India sangat pas bagi umat Hindu.

Berikut. laporan wartawan Bali Post,

I Made Sueca usai mengikuti wisata spiritual di India dan Bangkok.

 

TUJUAN utama setiap orang yang matirtayatrq ke India adalah mandi di Sungai Gangga. Dari kota New Dehli ke kota suci Haridwar kita menggunakan perjalanan darat sekitar enam jam melewati tiga negara bagian yakni Utra Parades, Utranca/Utrakan dan Haridwar. Jalan yang ditempuh pun tak semulus jalur pariwisata di Bali. Demikian juga pemandangan alam dan kehidupan masyarakatnya. Lebih pas disebut perjalanan penuh debu, padahal suhunya 17 derajat Celcius. Tak akan tampak seperti pikiran kita kelompok sekte dengan pakaian khasnya memenuhi India. Atau ribuan temp at suci di sepanjang jalan.

Di India, orang bebas memboyong Tuhannya ke mana saja, termasuk di kendaraan. Ke mana mereka pergi Dewa yang dipuja diajak ikut serta. Mereka membuat sebuah temp at sejenis laji di Bali untuk memuja Tuhannya. Hanya sayang, begitu mereka habis mencuci baju dan celana, ia keringkan di atas atap loji. Ada yang menanggapi kurangnya etika dan tak adanya luan-teben, sebagian lagi menanggapi ini cermin kebebasan bahwa Tuhan itu tak tercemarkan.

 

Masyarakat India cenderung menjalankan ibadah agamanya secara individual. Melihat dan mengunjungi tempat suci (tirtayatra) sudahcukup.Taksepertikita di Bali yang kebanyakan komunal (bersama) dilengkapi Tri Sandya dan Panca Sembah. Di Negara sekuler ini pemerintah jarang memperhatikan fasilitas pariwisata, padahal India setiap tahun mendatangkan 18 juta wisatawan. Mungin karena berbentuk negara federal, pemerintah negara bagian cenderung mementingkan pungutan saja bagi kendaraan pariwisata yang melewati daerahnya.

 



 
< Prev   Next >
"));